Ticker

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Responsive Advertisement

Wisata Kuliner Kota Gresik

Nasi Krawu

Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik Makanan ini hampir dapat di temukan di setiap sudut kota Gresik, karena banyaknya penggemar nasi krawu, di luar kota Gresik pun nasi krawu dapat di temukan. Cirinya adalah nasinya pulen yang disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng.
Tak akan lengkap perjalanan wisata anda ke kota Gresik tanpa mencicipi nasi krawu.

Nasi Rumo

Nasi Rumo

Nasi Rumo ini berisi bahan-bahan antara lain  Nasi atau lontong di taruh di pincuk (tempat makan dari daun pisang), di atasnya di beri sayuran bayam rebus dan krupuk yang udah diremes, kemudian di lapisi sama bubur rumo (bubur halus yang di bumbui dengan bawang putih, cabe besar, lengkuas, kunyit). setelah itu dikasih sambal dan taburan koya, sehingga memakan nasi ini seakan lidah kita yang pertama-tama akan merasakan buburnya yang gutih dan sedikit manis, ditambah dengan kukusan dedaunan yang gutih juga, sehingga akan menampakan enak yang beradu dengan pedasnya taburan koya yang ada tersebut.

Jubung

Jubung

Jubung adalah jajanan mirip jenang terbuat dari ketan hitam yang di taburi wejan. Biasanya Jubung ditempatkan dalam selongsong warna putih kecoklatan yang terbuat dari daun pohon pinang muda yang di lilit mirip gelas mini. Warga setempat, mengenal daun pinang ini dengan nama, “ope”
    
pembuatan Jubung sendiri memerlukan waktu sedikitnya 24 jam, mulai dari merendam ketan, mengggiling, memasak hingga membungkusnya. Proses memasak adonan ini, adalah proses paling lama. Untuk menghasilkan Jubung terbaik, membutuhkan waktu 6 jam hingga adonan benar-benar kental. Tak hean, jika juru masaknya adalah kaum lelaki, karena adonan jubug harus di aduk terus menerus. 

Nasi Karak

Nasi Karak

Nasi karak ini tidak dibuat dari sisa nasi yang kemudian diolah lagi menjadi nasi karak seperti namanya, nasi yang ada di Gresik ini sebetulnya terbuat dari nasi merah yang rasanya lain dengan beras putih yg kita konsumsi.  Nasi Karak ini terdiri dari nasi merah yang diberi parutan kelapa, sedikit serunden, lombok untuk pemedasnya dan tak lupa juga diberi tempe mendoan.

Otak-otak

Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng adalah ikan bandeng yang di keluarkan dagingnya lalu di masukkan kembali setelah di campur bumbu-bumbu khas.
Membuat otak-otak bandeng tidaklah sulit. Bandeng mentah dikeluarkan daging, tulang, dan durinya. Lalu dicampur bumbu, mirip dengan bumbu lodeh yang pedas. Kemudian daging dimasukkan ke dalam tubuh bandeng yang kosong tadi dengan dibentuk kembali seperti bandeng mentah semula. Selanjutnya, bandeng isi ini dicepit dua bilah bambu, kemudian dibungkus dalam daun pisang, lalu di bakar.
Membakar bandeng otak-otak, membutuhkan keterampilan tersendiri. Pasalnya, jika terlalu matang atau masih mentah, akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa otak-otak bandeng yang sebenarnya.

Pudak

Pudak

untuk pudak ngadimin belum tau bahannya, mungkin temen2 mau share klo ada yang tahu..
mungkin ini saja bagi info tentang wisata kuliner gresik, klo ada yang nambah yo monggo.. mudah2an bermanfaat..

Post a Comment

0 Comments